//
you're reading...
Syarah Riyadhush Shalihin

Hadits No. 5


Dari Abu Yazid iaitu Ma’an bin Yazid bin Akhnas radhiallahu ‘anhum. Ia, ayahnya dan neneknya adalah termasuk golongan sahabat semua. Kata saya: “Ayahku, yaitu Yazid mengeluarkan beberapa dinar yang dengannya ia bersedekah, lalu dinar-dinar itu ia letakkan di sisi seseorang di dalam masjid.

Saya – yakni Ma’an anak Yazid – datang untuk mengambilnya, kemudian saya menemui ayahku dengan dinar-dinar tadi. Ayah berkata: “Demi Allah, bukan engkau yang kukehendaki – untuk diberi sedekah itu.”

Selanjutnya hal itu saya adukan kepada Rasulullah , lalu beliau bersabda:

“Bagimu adalah apa yang engkau niatkan hai Yazid – yakni bahawa  engkau telah memperolehi pahala sesuai dengan niat sedekahmu itu – sedang bagimu adalah apa yang engkau ambil, hai Ma’an – yakni bahawa engkau boleh terus memiliki dinar-dinar tersebut, kerana juga sudah diizinkan oleh orang yang ada di masjid, yang dimaksudkan oleh Yazid tadi.”

(Riwayat Bukhari)

KANDUNGAN HADITS

1. Membolehkan berbicara tentang berbagai karunia alloh serta berbincang tentang nikmat nikmat Nya.

2. Diperbolehkannya mewakilkan pembagian sedekah kepada orang lain, apalagi sedekah tathawwu’, karena di dalamnya terdapat semacam penyembunyian amal(merahasiakannya).

3. Dibolehkan mengerjakan sesuatu yang bersifat mutlak sesuai dgn kemutlakkannya, meskipun kemungkinan yg terjadi jika orang yang memutlakkkannya, terbetik pada hatinya sesuatu yang tidak mutlak, tentunya dia akan memberi kejelasan.

4. Diperbolehkannya berhukum diantara ayah dan anak. Dan hal itu tdk dikategorikan sbg kedurhakaan.

5. Diperbolehkan menyerahkan sedekah tathawwu’ kepada anak, cucu dan seterusnya.

6. Orang yang bersedekah akan memperoleh pahala sesuai dengan niatnya baik sedekahnya itu sampai kepada penerima yang berhak atau tidak.

7. Bagi seorang ayah tidak diperbolehkan untuk menarik kembali sedekah yang telah diberikan pada anaknya. Dan hal itu berbeda dengan hibah.

About Abu Fathan As Salafy

Anak Yang Tampan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: