//
you're reading...
Silsilah Hadits Shahih

Silsilah Ash-Shohihah No. 4


Tidak diragukan lagi bahwa tersebarnya agama Islam kembali kepada umat Islam sendiri. Oleh karena itu mereka harus memiliki kekuatan moral, material dan persenjataan hingga mampu melawan dan mengalahkan kekuatan orang-orang kafir dan orang-orang durhaka. Inilah yang dijanjikan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم:

Silsilah hadits Shohih hadits ke-4

Hadis ini diriwatkan oleh Abu Qubai. Ia menuturkan: ”(Pada suatu ketika) kami bersama Abdullah ibn Amr ibn al Ash. Dia ditanya tentang mana yang akan terkalahkan lebih dahulu, antara dua negeri, Konstantinopel atau Romawi. Kemudian ia meminta petinya yang agak lusuh. Lalu ia mengeluarkan sebuah kitab.” Abu Qubail melanjutkan kisahnya: Lalu Abdullah menceritakan: ”Suatu ketika, kami sedang menulis di sisi Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Tiba-tiba beliau ditanya: Mana yang terkalahkan lebih dahulu, Konstantinopel atau Romawi?Beliau menjawab: “Kota Heraclius-lah yang akan Terkalahkan lebih dulu.” Maksudnya adalah Konstantinopel.

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad (II/176), ad-Darimi (I/126), Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushan (II/47,153), Abu Amr ad-Dani di dalam as-Sunan al-Waridah fi al-Fitan (Hadis-hadis tentang fitnah), al-Hakim ( III/422 dan IV/508 ) dan Abdul Ghoni al-Maqdisi dalam Kitabul `Ilmi (II/30). Abdul ghani menilai bahwa hadis itu hasan sanadnya. Sedangkan Imam al-Hakim menilainya sebagai hadits shohih. Penilaian al-Hakim itu juga disetujui oleh Imam adz-Dzahabi.

Kata Rumiyyah dalam hadis diatas maksudnya adalah Roma, ibukota Italia sekarang ini,sebagaimana bisa kita lihat didalam Mu`jam al-Buldan (Ensiklopedi Negara).

Sebagaimana kita ketahui, bahwa kemenangan pertama ada di tangan Muhammad al-Fatih al-Utsmani. Hal itu terjadi lebih dari delapan ratus tahun setelah Nabi وسلم عليه اللهصلى menyabdakan hadis diatas. Kemenangan keduapun akan segera terwujud atas seizin Alloh صبحانه وتعلى sebagaimana firman-Nya:

QS. Shood ayat 88

“Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita al-Qur’an setelah beberapa waktu lagi.” ( QS. Shod:88 )

About Abu Fathan As Salafy

Anak Yang Tampan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: